PT Bestprofit Futures Jambi

Wednesday, October 26, 2016

Kandis, Kerajaan Tertua di Indonesia

Selama ini kita selalu menganggap kalau kerajaan tertua di Nusantara adalah kerajaan Kutai di Kalimantan. Kerajaan yang berdiri pada abad ke-4 itu ternyata bukanlah yang tertua. Di kawasan Sumatra masih ada satu kerajaan tertua bernama kerajaan Kandiri yang berisi pada awal tahun masehi atau abad ke-1.

Meski banyak orang meyakini kalau kerajaan Kandis yang tertua di dunia. Beberapa peneliti masih meragukan keberadaan kerajaan ini. Keraguan ini terjadi karena penelitian dan jejak sejarah dari kerajaan ini masih belum banyak dilakukan. Lantas seperti apa Kerajaan Kandis yang dipercaya sebagai kerajaan tertua itu? Yuk, simak penjelasan di bawah ini.

Sejarah Kerajaan Kandis

Tidak ada yang tahu secara pasti kapan sebenarnya kerajaan ini berdiri. Tapi banyak kalangan memperkirakan kerajaan ini berdiri pada abad ke-1 masehi. Kerajaan ini berdiri di kawasan Lubuk Candi atau lebih tepatnya di pinggiran Sungai Batang Kuantan. Kerajaan ini berdiri sendiri dan tidak didukung oleh kekuatan lain.

Sejarah kandis [image source]
Sejarah kandis
Penyebab kerajaan ini terus berdiri dan bertahan adalah suburnya tanah pertanian di sana. Penduduk bisa bercocok tanam dengan baik dan akhirnya meningkatkan kesejahteraan kerajaan secara menyeluruh. Seiring dengan berjalannya waktu, kerajaan di sekitar Kandis mulai bermunculan dan menyerang wilayahnya. Dalam sejarah diceritakan kalau kerajaan ini akhirnya diserang oleh masyarakat Jambi. Meski kalah, kerajaan baru bernama Kuantan muncul menggantikan Kandis.

 Pemerintahan dan Wilayah Kekuasaan

Tidak ada yang tahu bagaimana sistem pemerintahan dari Kandis dan Kuantan. Pun berakhirnya kerajaan ini pun masih menjadi misteri. Namun satu yang jelas, saat terjadi transisi dari Kandis ke Kuantan, ibu kota kerajaan akhirnya berpindah dari dari Padang Candi menuju Sintuo yang saat ini lokasinya berada di seberang Koto Taluk Kuantan.


Wilayah kandis [image source]
Wilayah kandis 
Wilayah kekuasaan kerajaan ini tidak terlalu besar. Kerajaan ini dipercaya memiliki  wilayah kekuasaan di kawasan Kuantan  yang meliputi hulu Batang Kuantan hingga ke Cereti. Wilayah ini terus berkembang menjadi kawasan pertanian yang subur sebelum akhirnya hilang begitu saja akibat sebab yang belum diketahui.

 Kegiatan Ekonomi Kerajaan Kandis

Kerajaan Kandis memiliki wilayah yang subur dan banyak memiliki hutan dan juga tambang. Setiap hari, hutan yang ada di kawasan itu dikelola dengan baik untuk diambil kayu dan juga rotannya. Di kawasan yang tidak jauh dari hutan, juga terdapat banyak sarang burung layang-layang yang memiliki harga cukup tinggi karena bisa digunakan untuk obat.

Pusat kerajaan Kandis [image source]

Untuk tambang, kawasan kerajaan Kandis memiliki tambang emas, berlian dan perak yang cukup luas. Pengolahan tambang ini dilakukan atas perintah raja. Hasil tambang yang cukup banyak dan berharga ini akhirnya dijual ke kawasan Semenanjung Malaka yang kala itu sudah mulai digunakan untuk jalur perdagangan.

 Kandis dan Misteri Atlantis

Entah dari mana datangnya, kemunculan kerajaan Kandis dalam sejarah membuat banyak orang berspekulasi. Apakah Kandis merupakan Atlantis yang telah hilang itu. Atau keduanya hanya memiliki kemiripan saja dari bentuk istana dan juga kehilangannya yang sangat misterius sehingga tidak bisa ditemukan hingga sekarang.

Kandis dan Atlantis [image source]
Kandis dan Atlantis 
Bentuk kerajaan Atlantis dan Kandis melingkar dengan bagian tengah merupakan pusat dan di sekelilingnya terdapat saluran air. Penduduk yang ada di kawasan kerajaan Kandis percaya kalau istana kerajaan masih ada hingga sekarang. Istana itu tertutup oleh hutan sehingga tidak bisa ditemukan dengan mudah jika diamati dari udara.
Inilah ulasan singkat tentang kerajaan Kandis yang dipercaya sebagai kerajaan tertua di Indonesia. Munculnya kerajaan ini bisa memunculkan dugaan baru kalau di Indonesia banyak kerajaan yang hilang begitu saja dan belum terungkap.

No comments:

Post a Comment