Thursday, October 6, 2016

Rakit Drone dan Robot, Siswa Dharmasraya Ini Dijuluki 'Habibie Kedua'

Siswa SMA I Pulau Punjung ini pun banyak menorehkan prestasi membanggakan lainnya di bidang IPTEK.

Berkarya tak harus menunggu lulus kuliah atau menunggu sampai berumur. Seperti seorang remaja dari Kabupaten Dharmasraya ini yang memiliki potensi luar biasa di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
Dikutip dari Dharmasrayakab.go.id, Rabu 5 Oktober 2016, adalah Erik Pratama, seorang remaja yang berhasil merakit Drone (Kamera Udara) dan sebuah robotik. Sekilas Siswa Kelas 12 IPA SMA 1 Pulau Punjung, Kabupaten Dharmasraya ini tidak memiliki penampilan seperti siswa cerdas pada umumnya, namun jangan ragukan kemampuannnya dalam bidang IPTEK.
Menurut kepala sekolah SMA 1 Pulau Punjung, Yunita, siswanya telah berhasil tercatat sebagai 78 orang ilmuan muda Indonesia di FISAT Indonesia karena telah memaparkan karya ilmiahnya mengenai baterai berenergi atau power bank yang berasal dari abu ilalang. Bahkan dia pun sempat dijuluki sebagai Habibie kedua oleh Yunita.
Bersama dengan temannya, Tegar Muhammad Ihsan, dan Afriza Syofian, mereka pun berhasil menempati tiga besar dalam even karya ilmiah nasional Regional I di UNP tahun 2016.
Tak hanya itu, remaja berusia 18 tahun itu pun banyak menorehkan prestasi membanggakan lainnya di bidang IPTEK. Ia pernah berhasil menjadi Finalis LIPI 2013, juara kedua karya ilmiah Kabupatren Dharmasraya 2014. finalis karya ilmiah Provinsi Sumbar 2015, juara pertama robotik 2015, finalis ISPO 7 Jakarta 2015, juara pertama semangat juang roket Provinsi Sumbar pada 2016.
Jadi tidak heran, Erik memiliki cita-citan tinggi menjadi ilmuwan muda Indonesia. Bahkan dia pun juga ingin mengikuti jejak mantan Presiden BJ Habibie yang mendapat gelar profesor dalam usia sangat muda.
Seusai SMA, ia pun memiliki rencana untuk kuliah di Institut Teknologi Bandung, berkuliah di Universitas Tokyo untuk S2 hingga sampai kuliah S3-nya nanti.
Melihat potensi siswanya yang begitu besar dan semangat tingginya menjadi seseorang yang sukses, Yunita mengharapkan dukungan dari orangtua, masyarakat, dan pemerintah daerah Dharmasraya agar bisa mewujudkan cita-cita Erik.

Kevdepannya, ia berharap Erik bisa memajukan tanah kelahirannya, di Kabupaten Dharmasraya agar bisa membantu masyarakat di bidang teknologi.

No comments:

Post a Comment