Thursday, June 22, 2023

perusahaan mengincar dana segar sebesar Rp108 miliar

 Pengunjung melintas dan mengamati pergerakan layar elektronik di di Jakarta, Selasa (2/1/2018). Foto: Muhammad Sabki

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan property PT Graha Mitra Asia Tbk. (RELF) atau Relife Asia resmi melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Kamis (22/6/2023) dan perusahaan ke-43 yang melakukan pencatatan saham perdana atau initial public offering (IPO). Relife Asia melepas sebanyak 1,2 miliar saham baru atau sebanyak 20,95% dengan Harga Penawaran Rp 90.

Lantas, perusahaan mengincar dana segar sebesar Rp108 miliar. Nilai kapitalisasi pasar sebesar Rp515,50 miliar. Saham RELF pun telah tercatat di papan pengembangan BEI.

Saat pembukaan, saham RELF mencatatkan harga Rp81 per saham. Pada pukul 09.10, harga RELF naik ke level 94 atau naik 4,44%. RELF kemudian sempat mencatatkan harga tertinggi di posisi Rp96 per saham.

Direktur Utama RELF Ivan Darmanto dalam keterangannya mengatakan dana segar IPO akan digunakan untuk membeli lahan di dua lokasi yaitu di Semplak, Bogor seluas 4 hektar dan di Jagakarsa, Jakarta Selatan seluas 2,750 m2. Kedua lahan ini akan langsung dikerjakan oleh perusahaan menjadi proyek yang berkontribusi terhadap pendapatan perusahaan.

Rinciannya, sebesar Rp56 miliar atau sekitar 51,85% akan digunakan untuk membeli tanah seluas 4 hektare berlokasi di Semplak Barat, Kemang, Bogor. Tanah tersebut akan dibangun menjadi sekitar 300 rumah. Sebesar Rp27,5 miliar atau 25,46% dari keseluruhan dana akan digunakan untuk membeli tanah di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Nantinya tanah tersebut akan dikembangkan sebagai proyek real estate Greenland Jagakarsa.

Sisanya sebanyak 22,69% atau sebesar Rp24,5 miliar akan digunakan untuk modal kerja perseroan.

Relife Asia juga secara bersamaan akan menerbitkan sebanyak 1,2 miliar Waran Seri I yang menyertai Saham Baru Perseroan atau sebanyak 26,50% dari jumlah modal awal. Waran Seri I diberikan secara Cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang Saham Baru yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham pada Tanggal Penjatahan.

Setiap pemegang 1 (satu) Saham Baru Perseroan berhak memperoleh 1 (satu) Waran Seri I dimana setiap 1 (satu) Waran Seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli 1 (satu) saham baru Perseroan yang dikeluarkan dalam portepel.

Perlu diketahui, PT Graha Mitra Asia Tbk. atau Relife Asia adalah perusahaan properti yang berdiri sejak tahun 2018. Proyek pertamanya adalah Greenland Kemang Bogor yang terletak di Jalan Raya Parung Kemang, Kabupaten Bogor.

No comments:

Post a Comment