Thursday, November 30, 2023

Kode Keras BRI Bakal Kembali Bagikan Dividen Jumbo

 BRI Foto: Dok BRI

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) mengisyaratkan pembagian dividen tahun buku 2023 di tahun depan nanti akan tetap jumbo. Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan pihaknya mengupayakan setidaknya 70% dari perolehan laba bersih tahun ini akan dialokasikan untuk pembagian dividen.

Hal ini didasari oleh rasio kecukupan modal BRI yang tebal, yakni 27,47% per September 2023. Sunarso menyebut rasio kecukupan hanya perlu sekitar 17,2%, maka ada sekitar kelebihan modal sekitar 10%.

"Sebutlah setahun untuk meng-cover kebutuhan itu hanya butuh 2% saja kita konsumsi capital. Maka bisa saya sampaikan sampai 5 tahun ke depan, berapapun laba BRI harus dibagi dalam bentuk dividen," ujarnya pada saat Public Expose Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (30/11/2023).

Sebelumnya, BRI telah membagikan dividen untuk tahun buku 2022 sebesar Rp43,4 triliun atau sebesar 85% dari laba bersih sebesar Rp51,1 triliun.

Menurut Sunarso, laba bersih BRI pada tahun 2023 paling tidak sudah mencapai Rp55 triliun. Sehingga, setidaknya 70% dari besaran disebut dapat dialokasikan sebagai dividen.

Namun begitu, semuanya bergantung dengan persetujuan para pemegang saham. Sunarso juga tidak menutup kemungkinan bahwa BRI akan membagikan dividen interim tahun buku 2023, tetapi hal itu juga bergantung pada keputusan para pemegang saham.

No comments:

Post a Comment