Tuesday, April 2, 2024

Ibunda Gak Punya Asuransi, Tyas Mirasih Kuras Duit & Aset Demi Berobat

 Tyas Mirasih dan Tengku Tezi Foto: Hanif Hawari/detikcom

Jakarta, CNBC Indonesia - Tyas Mirasih bercerita tentang pengalamannya membiayai pengobatan ibunya di rumah sakit pada 2023 lalu. Tak hanya jual aset, Tyas sampai menerima bantuan dari Nagita Slavina.

"Waktu itu mama kan lama banget di rumah sakit dan nggak pakai asuransi jadi biayanya lumayan besar," ungkap Tyas Mirasih saat ditemui di kawasan Transmedia, Jakarta Selatan, Sabtu (30/3/2024), seperti dikutip detik.

Seperti diketahui, proses perawatan ibunda Tyas di rumah sakit mencapai 49 hari. Adapun salah satu aset yang dijual oleh Tyas adalah koleksi tas miliknya.

"Termasuk waktu itu aku jual tas ke orang-orang. Waktu itu sempat tawarin ke Gigi juga dia bilang,'nggak usah dijual ke gue, gue bantuin biaya ibu lo. Tasnya lo jual saja ke orang lain' gitu katanya," lanjutnya.

Belajar dari Tyas Mirasih, biaya medis tentunya terus mengalami kenaikan setiap tahun dan sangat mungkin melampaui kenaikan penghasilan atau nilai investasi. Ketika ada anggota keluarga yang jatuh sakit, maka biaya pengobatan bisa dibayarkan dengan menggunakan tabungan dana darurat.

Ketika dana darurat habis, maka besar kemungkinan asetlah yang dijual untuk membiayai pengobatan.

Untuk mengetahui jenis aset apa yang baiknya dijual, jualan aset-aset guna yang fungsinya tidak terlalu berdampak pada kehidupan sehari-hari. Sebut saja seperti barang-barang koleksi atau hobi.

Namun ketimbang membiarkan Anda kehilangan tabungan atau aset, sangat penting bagi Anda untuk memiliki jaminan kesehatan minimal dalam bentuk BPJS Kesehatan.

Sebagai salah satu jaminan kesehatan, iuran BPJS Kesehatan tidak mahal dan jaminan kesehatan ini bisa menanggung seluruh jenis penyakit.

No comments:

Post a Comment