Thursday, June 27, 2024

Harga Bitcoin Anjlok, Ini Saran dari Robert Kiyoyasaki

 

Bitcoin. (REUTERS/Benoit Tessier/File Photo)
Foto: Bitcoin. (REUTERS/Benoit Tessier/File Photo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Penulis buku "Rich Dad Poor Dad", Robert Kiyosaki mengatakan kebanyakan orang menjual bitcoin sekarang karena harga mata uang kripto sedang jatuh. Namun, dia menegaskan bahwa dirinya sedang menunggu untuk membeli lebih banyak bitcoin.

Ia menekankan bahwa "semua pasar naik dan turun." Dalam hal ini, Kiyosaki mengatakan strateginya mirip dengan strategi investor legendaris dan CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett, yang ia sebut "beli dan tahan selamanya."

Pada Senin pagi, harga Bitcoin (BTC) mengalami penurunan yang signifikan menyusul berita bahwa Mt. Gox akan mulai mendistribusikan US$9 miliar dalam bentuk BTC kepada kreditor pada bulan Juli setelah penantian selama satu dekade. Perkembangan ini juga mengikuti berita bahwa pemerintah Jerman telah memulai penjualan sejumlah besar bitcoin yang disita.

Menanggapi penurunan itu, Kiyosaki langsung mencuit di X pribadinya, mengatakan bahwa ia akan membeli lebih banyak mata uang kripto nomor satu itu.

"Semua pasar naik dan turun... Banyak orang menghasilkan banyak uang dengan 'berdagang' di pasar," cuit penulis terkenal itu di X pribadinya pada hari Senin lalu, dikutip Kamis (27/6/2024).

"Masalah dalam 'memperdagangkan' aset apa pun adalah pajak, khususnya pajak keuntungan modal 'jangka pendek'."

Kiyosaki memang telah lama merekomendasikan bitcoin selain emas dan perak. Dia baru-baru ini menyatakan bahwa mata uang kripto adalah cara termudah untuk menjadi jutawan, memperkirakan bahwa BTC akan mencapai US$ 350.000 pada Agustus. Dia telah berulang kali mendesak investor untuk membuang dolar AS demi bitcoin.

"Apa yang saya lakukan jika tidak memperdagangkan aset? Saya menghabiskan waktu saya untuk membangun aset baru, itulah sebabnya saya menjadi 'pengusaha serial'. Saat ini, saya sedang mengerjakan dua 'start-up' baru," tulis Kiyosaki.

Ia kemudian memberikan nasihat: "Jika Anda takut akan kejatuhan pasar, juallah dan pertahankan pekerjaan Anda, hal ini adalah hal yang seharusnya dilakukan oleh sebagian besar 'karyawan'. Sederhananya, pengusaha dan karyawan adalah dua sisi yang berlawanan dari satu mata uang yang sama. Hati-hati di jalan. Masa-masa sulit di depan. Lakukan yang terbaik untukmu."

Mengutip Coin Market Cap, harga Bitcoin (BTC) sedang dalam tren menurun. Per 7.30 WIB hari ini Kamis (27/6/2024), BTC anjlok 1,17% ke harga US$60.941,36. Sedangkan sepanjang seminggu terakhir, BTC sudah anjlok 6,23%.

No comments:

Post a Comment