Thursday, October 3, 2024

Breaking! Kabar Genting AS Bikin Rupiah Ambruk, Dolar Sentuh Rp15.385

 

Ilustrasi dolar Amerika Serikat (USD). (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)
Foto: Ilustrasi dolar Amerika Serikat (USD). (CNBC Indonesia/ Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Mata uang Garuda lagi-lagi ambruk di hadapan dolar Amerika Serikat (AS) mendekat level Rp15.400/US$.

Melansir data Refintiv, pada Kamis hari ini (3/10/2024) hingga pukul 11.00 WIB, sejak awal pembukaan rupiah sudah melemah 0,82% ke posisi Rp15.385/US$.

Jika depresiasi berlangsung sampai akhir sesi, ini akan menjadi pelemahan selama empat hari beruntun dan yang paling parah pada pekan ini.

Badai rupiah masih melandai pekan ini seiring dengan tekanan dolar AS yang kembali melambung.

Pada hari ini untuk waktu yang sama, indeks dolar AS (DXY) naik lagi 0,09% ke posisi 101,77. Ini mengakumulasi kekuatannya dalam sepekan nyaris 1,5%.

Nilai tukar rupiah juga ambruk di tengah memburuknya sentimen pasar global setelah makin memanasnya kondisi di Timur Tengah. Ketidakpastian kembali meningkat setelah Iran kembali menyerang Israel. Konflik bersenjata akan menimbulkan kegalauan di pasar dan para investor akan cenderung memilih aset safe haven ketimbang pasar berisiko seperti saham.

Iran melancarkan serangan besar-besaran menggunakan rudal ke Israel pada Selasa kemarin, hanya beberapa jam setelah pejabat Gedung Putih memperingatkan bahwa Teheran "segera" merencanakan serangan.

Tak hanya itu, tantangan masih belum usai di mana pada Kamis hari ini (3/9/2024) pelaku pasar kembali menanti data penting dari AS yakni terkait kepastian pasar tenaga kerja.

Berdasarkan konsensus Trading Economics, klaim pengangguran diperkirakan akan meningkat menjadi 220.000, naik dari pekan sebelumnya sebesar 218.000

Kemudian dilanjutkan data on-Farm Payrolls AS pada esok hari (4/10/2024). Konsensus berada di angka 142K, menandakan potensi perlambatan di sektor pekerjaan. Tingkat pengangguran yang diproyeksikan stabil di 4.2%, serta pertumbuhan gaji per jam yang diantisipasi melemah, menjadi penentu apakah Federal Reserve akan melunak di pertemuan berikutnya.

CNBC INDONESIA RESEARCH

No comments:

Post a Comment