Monday, July 2, 2018

Presiden Jokowi resmikan pembangkit listrik tenaga angin pertama di Indonesia


PT BESTPROFITPresiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian beberapa proyek pembangkit di Sulawesi Selatan. Pembangkit tersebut diantaranya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap 75 Mega Watt (Mega Watt/MW).

Presiden Jokowi mengatakan, Indonesia memiliki potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) sangat besar, diantaranya energi angin dan panas bumi. Namun, saat ini pemanfaatannya belum optimal.
"Saya kira kita punya potensi besar, pengembangan panas bumi potensi 29 ribu MW, baru dikerjakan kurang lebih 2 ribu artinya 10 persen," kata Presiden Jokowi saat meresmikan pengoperasian beberapa pembangkit listrik, di lokasi PLTB Sidrap, Sulawesi Selatan, Senin (2/7).
PLTB Sidrap, Sulawesi Selatan, berkapasitas 75 MW resmi masuk ke sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan pada 4 April 2018. Pembangunan pembangkit ini seiring dengan semangat pemerintah untuk meningkatkan porsi Energi Baru Terbarukan (EBT) mencapai 23 persen dari total bauran energi nasional pada 2025. BEST PROFIT
Saat ini sebanyak 30 Wind Turbin Generator (WTG) yang terpasang pada PLTB Sidrap telah menghasilkan energi listrik untuk Sistem Sulawesi Bagian Selatan. Pembangkit yang berlokasi di Desa Lainungan, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan ini menggunakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sekitar 40 persen dan menyerap sekitar 1.150 tenaga kerja.
Di lahan seluas 100 hektar, telah terpasang 30 turbin yang memiliki ketinggian 80 meter dan baling-baling sepanjang 57 meter. Daerah ini kini menjadi salah satu wisata untuk masyarakat di Sulawesi Selatan yang berjarak sekitar 150 km dari Kota Makassar.
"Dengan mengucap bismillahirahmannirohim saya resmikan pembangkit listrik tenaga bayu di Sidrap," tuturnya.
Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengungkapkan, PLTB Sidrap merupakan pembangkit tenaga angin pertama yang beroperasi di Indonesia. Proses pembangunannya memakan waktu 2,5 tahun. Dari PLTB Sidrap dapat memasok listrik ke 150.000 rumah dengan daya 450 Volt Amper (VA). BESTPROFIT
"Kami melaporkan di lokasi ini telah dibanguin dan selesai PLTB 75 MW ini PLTB komersial pertama dibangun di Indonesia," ujarnya.
Selain PLTB Sidrap, Presiden Jokowi juga meresmikan pengoperasian Pembangkit lain, yaitu PLTU Punagaya berkapasitas 2x100 Mega Watt (MW) dan PLTU Jeneponto Ekspansi berkapasitas 2x135 MW.
Sumber: merdeka.com

No comments:

Post a Comment