Thursday, August 8, 2024

Robert Kiyosaki Ramal Bitcoin Tembus Rp 160 Miliar, Ini Alasannya

 

Lengkap! Begini Jatuh Bangun Harga Bitcoin Sejak 2009-2023
Foto: Infografis/Lengkap! Begini Jatuh Bangun Harga Bitcoin Sejak 2009-2023/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak analis keuangan memiliki pendapat berbeda tentang Bitcoin, tetapi dalam sebuah posting di X, "Rich Dad" Robert Kiyosaki memprediksi bahwa harga Bitcoin akan mencapai US$ 10 juta atau setara Rp 160 miliar per koin.

Dilansir dari Nasdaq.com, pada pertengahan Juli, harga Bitcoin berada di sekitar $57.500, naik hampir 90% hanya di tahun 2024. Kapitalisasi pasarnya kini lebih dari $1 triliun.


Kiyosaki percaya bahwa saham, dan bahkan real estat akan mengalami penurunan besar dalam waktu dekat. Dia mendasarkan prediksinya pada masalah utang Amerika Serikat.

Saat ini, AS memiliki hampir US$ 35 triliun utang. Untuk memberi gambaran, AS saat ini mengalokasikan 16% dari anggaran federal untuk pembayaran utang. Selain itu, utang nasional terus meningkat setiap tahun selama dekade terakhir dan tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti.

Para pendukung Bitcoin seperti Kiyosaki mengatakan hal ini akan menyebabkan pemerintah terus mencetak lebih banyak uang. Jika tidak, AS berpotensi harus gagal membayar utangnya.

Ketika lebih banyak uang beredar, nilai setiap dolar menurun akibat inflasi. Hal ini mengarah pada kenaikan harga yang melonjak dan akhirnya hilangnya kepercayaan terhadap mata uang tersebut - seperti yang terjadi di Jerman dan Zimbabwe, menurut Kiyosaki.

Jadi, Kiyosaki percaya bahwa masalah utang AS pada akhirnya akan membuat nilai dolar anjlok. Dia berpikir ini akan menyebabkan kejatuhan di beberapa kelas aset.

Pertanyaannya kemudian menjadi: Apa yang akan menggantikan dolar sebagai penyimpan nilai? Kiyosaki memprediksi emas, perak, dan Bitcoin. Dia memperkirakan uang akan beralih dari dolar ke aset-aset ini mulai akhir 2025.

Ketika semuanya telah terjadi, Kiyosaki percaya Bitcoin akan "dengan mudah" bernilai US$ 10 juta per koin.

No comments:

Post a Comment