Friday, August 9, 2024

Uang Rp 2.129,12 Triliun Lenyap Begitu Saja Dalam Semalam

 

Markets Wall Street. (AP/Courtney Crow)
Foto: Markets Wall Street. (AP/Courtney Crow)

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Nasdaq 100 yang turun 2,4% pada awal minggu ini membuat kekayaan miliarder teknologi lenyap hingga US$134 miliar atau sekitar Rp 2.129,12 triliun dalam satu hari.

Melansir Seattletimes.com, Jumat (9/8/2024), kekayaan Jeff Bezos menyusut sebesar $15,2 miliar pada hari Jumat. Pendiri Amazon ini memimpin penurunan terbesar di antara 500 orang terkaya dunia. 

Saham Amazon merosot 8,8% di tengah aksi jual yang lebih besar di pasar, menjatuhkan kekayaan Bezos menjadi US$191,5 miliar, menurut Indeks Miliarder Bloomberg. Penurunan kekayaan dalam satu hari ini merupakan yang ketiga terburuk, setelah sebelumnya pada 4 April 2019 kekayaannya turun US$36 miliar setelah perceraiannya, dan 29 April 2022 ketika saham Amazon anjlok 14%.

Taipan lainnya termasuk Elon Musk dan Larry Ellison dari Oracle, kekayaan mereka berkurang masing-masing US$6,6 miliar dan US$ 4,4 miliar. Ketidakpastian mengenai kemungkinan penurunan suku bunga oleh Federal Reserve, serta beberapa kekecewaan dalam laporan keuangan yang mencuat, turut mendorong indeks yang tengah dikuasai oleh saham teknologi ini ke dalam wilayah koreksi, menghapus lebih dari US$2 triliun kapitalisasi pasar dalam lebih dari tiga minggu terakhir.


Investor juga mulai khawatir bahwa keuntungan yang dipicu oleh AI tahun ini mungkin sudah terlalu berlebihan atau pasar terlalu terkonsentrasi. Penurunan saham Amazon terjadi setelah perusahaan tersebut mengatakan dalam panggilan pendapatan bahwa mereka berencana untuk terus menghabiskan banyak dana untuk AI meskipun dengan mengorbankan keuntungan jangka pendek.

Miliarder teknologi lainnya, seperti Mark Zuckerberg, Sergey Brin, dan Larry Page, juga masing-masing kehilangan lebih dari US$3 miliar pada hari Jumat ketika saham Meta Platforms dan Alphabet merosot dalam perdagangan di New York. Secara total, taipan teknologi mengalami penurunan kekayaan sebesar US$68 miliar, menurut indeks kekayaan Bloomberg.

Bezos secara bertahap menjual saham Amazon tahun ini setelah pindah dari Seattle ke Florida. Dia menjual saham senilai sekitar US$8,5 miliar selama sembilan hari perdagangan di bulan Februari.

Kemudian pada satu hari bulan lalu ketika Amazon mencapai rekor baru, Bezos mengungkapkan rencana untuk menjual tambahan 25 juta saham senilai US$5 miliar.

Penjualan tambahan tersebut akan membawa total penjualannya tahun ini menjadi sekitar $13,5 miliar. Dia masih memiliki hampir 912 juta saham, atau sekitar 8,8% dari Amazon, setelah penjualan tersebut selesai.

Kekayaan Bezos juga berasal dari perusahaan eksplorasi luar angkasa Blue Origin dan surat kabar Washington Post.

No comments:

Post a Comment