Tuesday, February 6, 2024

Akuisisi Porsi Haji Romo, Prajogo Pangestu Jadi Pengendali PTRO

 Haji Romo Nitiyudo Wachjo. (Website NHM.co.id) Foto: Haji Romo Nitiyudo Wachjo. (Website NHM.co.id)

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten tambang milik konglomerat Prajogo Pangestu PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk. (CUAN) tengah mengakuisisi saham emiten tambang milik konglomerat Haji Romo "Robert" Nitiyudo Wachjo PT Petrosea Tbk. (PTRO).

Melalui anak usahanya PT Kreasi Jaya Persada (KJP), CUAN akan mengakuisisi 34% saham milik pemegang saham pengendali PTRO, PT Caraka Reksa Optima (CRO). Mengutip keterbukaan informasi, harga pembeliannya sebesar Rp940 miliar.

Setelah rencana transaksi ini rampung, akan terjadi perubahan pada struktur kepemilikan PTRO. Nantinya, Prajogo akan masuk dalam jajaran penerima manfaat akhir dari kepemilikan saham, dan tercatat sebagai pengendali, menggantikan posisi Haji Robert.

Sehingga, jumlah penerima manfaat akhir dari kepemilikan saham PTRO bertambah satu menjadi sebelas nama. Dalam jajaran tersebut, Prajogo akan bergabung dengan Haji Robert dan Hapsoro. "Happy" Hapsoro Sukmonohadi merupakan pebisnis ulung yang tenar di pasar modal dan suami dari Ketua DPR RI Puan Maharani.

Pada November 2022 lalu, dirinya dan kolega dikabarkan mencaplok saham pebisnis ulung yang juga merupakan suami dari Puan Maharani.

Sementara itu, struktur kepemilikan saham PTRO usai transaksi akan berubah menjadi CRO sebesar 34,90%, KJP sebesar 34%, PT Sentosa Mitra Bersama sebesar 18,85%, dan masyarakat sebesar 12,25%.

Dalam rencana ini, KJP telah menyelesaikan uji tuntas (due diligence) terhadap PTRO sesuai dengan ketentuan perjanjian pembelian saham bersyarat. Selain itu, Haji Robert selaku Presiden Komisaris PTRO dan setiap direktur dan komisaris PTRO dan anak perusahaannya yang terafiliasi Haji Robert juga telah menyerahkan surat pengunduran diri.

Untuk pengambilalihan saham PTRO, KJP bakal mengguakan pinjaman dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI).

No comments:

Post a Comment