Monday, February 26, 2024

Wamendag Jamin Stok Beras Aman Jelang Puasa dan Lebaran

 Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga. (Beritasatu.com/Alfida Rizky Febrianna)

Jakarta, Beritasatu.com- Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengakui harga beras saat ini mengalami fluktuasi. Namun, pemerintah menjamin stok beras aman jelang puasa dan Lebaran 2024.

"Ketersediaan beras aman. Itu paling penting, kita upayakan terus. Apalagi ini jelang puasa dan Lebaran. Kita upayakan mendapatkan harga kondusif dan selalu aman," ujar Jerry, saat ditemui di kantor Kemendag, Jakarta, Senin (26/2/2024).

Jerry menyampaikan, Kementerian Perdagangan (Kemendag), Badan Pangan Nasional (Bapanas), Bulog dan lintas kementerian/lembaga baik pusat maupun daerah berupaya menekan harga dan menjaga ketersediaan pangan, terutama beras. "Kita selalu memastikan semaksimal mungkin harga stabil dan aman, yang paling penting adalah ketersediaan," kata Jerry.

Jerry mengatakan, sejumlah komoditas juga mengalami fluktuasi harga selain beras. "Saya dan Pak Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, juga seluruh jajaran, setiap hari mengecek harga beras. Tidak hanya beras, tetapi seluruh bahan pokok penting. Saya baru tiba dari Manado tadi pagi, kita menyaksikan memang ada fluktuasi harga," ungkapnya.

Berdasarkan data panel harga Badan Pangan Nasional (Bapanas) per hari ini, harga pangan di tingkat pedagang eceran secara rata-rata nasional kompak mengalami kenaikan, seperti beras, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, daging ayam ras, telur ayam ras, gula konsumsi, tepung terigu hingga minyak goreng.

No comments:

Post a Comment