Friday, February 2, 2024

Hasil Survei Terbaru Pilpres 2024: Anies Vs Prabowo Vs Ganjar

 Infografis, KOALISI TERKINI PARTAI PENDUKUNG CAPRES 2024 Foto: Ilustrasi Prabowo Subianto (kiri), Anies Baswedan (tengah), dan Ganjar Pranowo (kanan). (Edward Ricardo/CNBC Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terkait Preferensi Warga NU dan Dinamika Elektoral di Jawa Timur (Jatim). Survei ini mengungkap sebaran suara nahdliyin di Jatim menyasar ke pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Survei ini dilakukan di Jawa Timur pada 14-19 Januari 2024. Populasi survei ini merupakan warga Indonesia di Jawa Timur yang punya hak pilih dalam pemilihan umum.

Metode survei multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 810 orang. Margin of error ±3,5% pada tingkat kepercayaan 95%. Sampel berasal dari seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur yang teretribusi secara proposional. Survei dilakukan dengan wawancara secara tatap muka.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanudin Muhtadi, mengatakan ada 58% suara Prabowo-Gibran di Jatim yang memiliki lata belakang beragama Islam dan merasa dekat dengan NU. Angka itu meninggalkan jauh dua pesaingnya yang berada di kisaran angka 15-20%.

"Jadi pendukung paslon 02 yang mengaku beragama muslim dan merasa dekat dengan NU itu 58%," kata Burhanudin kepada wartawan, Kamis (1/2/2024).

Angka ini meninggalkan pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, yang berada di angka 16,9%. Posisi Cak Imin selaku Ketua Umum PKB yang dianggap menjadi representasi NU, kata Burhanudin, tidak berdampak besar dalam survei tersebut.

"Sementara warga NU yang memilih Anies-Muhaimin itu 16,9%. Jadi terlepas Muhaimin Iskandar Ketua Umum PKB, partai yang dianggap merepresentasikn NU, tapi so far daya tarik elektoral Anies-Muhaimin di segmen warga NU dengan pertanyaan bersifat umum tadi kedekatan psikologis tadi itu masih belum maksimal," katanya.
Baca juga:
TKN Tegaskan Kabar Prabowo Dirawat di RSPAD Hoax

Data survei terbaru Indikator Politik ini juga menyebutkan ada 14,2% anggota aktif NU yang mendukung Anies-Cak Imin. Sementara 16,1% anggota NU tidak aktif mendukung AMIN dan bukan anggota NU yang mendukung AMIN berada di angka 16,5%.

Di sisi lain bagi Prabowo-Gibran, ada 61,0% basis suara yang merupakan anggota aktif NU, sementara 57,5% merupakan anggota NU tidak aktif dan 52,3% bukan anggota.

Basis dukungan suara kepada Ganjar-Mahfud merujuk keanggotaan organisasi NU didapati angka 17,6% merupakan anggota aktif NU. 20,1% anggota tidak aktif dan 21,6% merupakan bukan anggota NU.

Berikut sebaran suara NU di Jatim kepada tiga paslon veri survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (16,9%)
Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (58,5%)
Ganjar Pranowo-Mahfud Md (17,8%)
TT/TJ: 6,8%

No comments:

Post a Comment