Wednesday, February 21, 2024

Dilantik Jokowi Gantikan Mahfud MD, Segini Harta Hadi Tjahjanto

 Pelantikan Pejabat Negara Republik Indonesia, Istana Negara, 21 Februari 2024. (Tangkapan layar) Foto: Pelantikan Pejabat Negara Republik Indonesia, Istana Negara, 21 Februari 2024. (Tangkapan layar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto menjadi Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM (Menko Polhukam) menggantikan Mahfud MD yang telah mengundurkan diri tidak lama sebelum pemilihan umum (pemilu) 2024.

Sebelumnya rumor pelantikan Hadi sempat ramai diperbincangkan oleh banyak pihak, termasuk yang disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni.

Sahroni menyebut Hadi akan mengisi kursi Menko Polhukam menggantikan Mahfud MD yang memutuskan berhenti karena maju sebagai peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029.

Hadi sendiri sebelumnya menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional yang kini diisi oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyona (AHY). Sebelum menjabat sebagai menteri ATR, Hadi merupakan Panglima TNI dan dinilai Jokowi sebagai orang yang teliti dalam kerja lapangan sehingga diyakini mampu menyelesaikan masalah pertanahan dan tata ruang di Tanah Air.

Sebagai pejabat publik, hartanya pun kini ikut menjadi sorotan.

Hadi tercatat memiliki harta sebanyak Rp22,84 miliar, yang terakhir kali dilaporkannya pada 27 Maret 2023.

Hadi memiliki lima bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Malang dan Jakarta dengan besaran mencapai Rp 6,97 miliar.

Sementara itu, Hadi memiliki harta bergerak berupa mobil Toyota Kijang Minibus, Toyota Kijang Innova Minibus, Honda CR-V JEEP, dan motor Honda dengan nilai Rp 486 juta.

Eks Kepala Staf Angkatan Udara itu memiliki harta bergerak lain sebesar Rp 1,9 miliar, surat berharga Rp 3 miliar, serta kas dan setara kas senilai Rp 10,48 miliar.

No comments:

Post a Comment