Friday, March 15, 2024

ETF Bitcoin Spot Dikritik 2 Senator AS, Kripto Surut ke Zona Merah

 FILE PHOTO: Representations of the Ripple, Bitcoin, Etherum and Litecoin virtual currencies are seen on a PC motherboard in this illustration picture, February 13, 2018. Picture is taken February 13, 2018. REUTERS/Dado Ruvic/File Photo Foto: REUTERS/Dado Ruvic

Jakarta, CNBC Indonesia - Pasar kripto mayoritas berada di zona merah hari ini (15/3/2024) di tengah munculnya dua senator Amerika Serikat (AS) yang ingin menganulir dana yang diperdagangkan di bursa kripto (ETF) bitcoin spot.

Merujuk dari CoinMarketCap pada Jumat (15/3/2024) pukul 08:24 WIB, pasar kripto didominasi penurunan. Bitcoin melemah 1,23% ke US$71.891,31 meskipun secara mingguan berada di zona positif 6,96%.

Ethereum berada di zona merah 1,96% dalam 24 jam terakhir dan dalam sepekan melemah 1,19%.

Solana terbang 10,59% secara harian dan secara mingguan mengalami apresiasi 26,62%.

Begitu pula dengan Dogecoin yang melambung tinggi 7,93% dalam 24 jam terakhir dan dalam tujuh hari terakhir masih menguat 10,37%.

CoinDesk Market Index (CMI) yang merupakan indeks untuk mengukur kinerja tertimbang kapitalisasi pasar dari pasar aset digital turun 0,87% ke angka 3.018,92. Open interest terapresiasi 2,53% di angka US$76,91 miliar.

Sedangkan fear & greed index yang dilansir dari coinmarketcap.com menunjukkan angka 89 yang menunjukkan bahwa pasar berada di fase sangat optimis dengan kondisi ekonomi dan industri kripto saat ini.

Dilansir dari cointelegraph.com, dua senator AS ingin Gary Gensler menarik dana yang diperdagangkan di bursa kripto (ETF) lebih lanjut, dengan alasan "risiko besar" bagi investor ritel.

Senator Demokrat Jack Reed dan Laphonza Butler juga mendesak Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) untuk tidak membiarkan persetujuan ETF Bitcoin (BTC) baru-baru ini menjadi preseden untuk persetujuan lebih lanjut.

Mereka mengklaim bahwa meskipun pasar Bitcoin telah menunjukkan "kelemahan serius", pasar ini lebih mapan dan diteliti dengan baik dibandingkan pasar mata uang kripto kecil lainnya.

Para senator juga mendesak SEC untuk mengambil "beberapa langkah spesifik" dengan produk ETF Bitcoin yang sudah diluncurkan, meminta agar broker dan penasihat ETF BTC tunduk pada pengawasan peraturan lebih lanjut.

Alexander Grieve, pimpinan hubungan pemerintah di perusahaan modal ventura kripto Paradigm menyatakan keberhasilan ETF Bitcoin spot telah "jelas mengacaukan beberapa hal" di Capitol Hill.

Berbeda halnya dengan bitcoin, Dogecoin dan Solana justru mengalami apresiasi yang signifikan.

Solana melonjak akibat antisipasi airdrop baru, investor menunda penjualan untuk mendapatkan keuntungan tinggi, dan pemulihan harga BTC.

Sedangkan Dogecoin terbang tinggi karena Elon Musk telah mengisyaratkan produsen mobil listriknya dapat menambahkan Dogecoin sebagai metode pembayaran resmi untuk mobil Tesla "di beberapa titik".

CNBC INDONESIA RESEARCH

No comments:

Post a Comment