Monday, March 4, 2024

Kripto OTW Rp 1,08 M, Ini Koin yang Bisa Bawa Cuan

 Ilustrasi Cryptocurrency (Photo by Art Rachen on Unsplash) Foto: Ilustrasi Cryptocurrency (Photo by Art Rachen on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bitcoin (BTC) dan mata uang kripto terkemuka lainnya melonjak ke level tertinggi baru dalam beberapa tahun karena peluncuran ETF bitcoin spot pertama. Hal ini telah mendorong harga bitcoin ke level lebih dari US$ 60,000 atau sekitar Rp 961,41 juta untuk pertama kalinya sejak 2021.

Melansir Forbes Advisor, investor mengantisipasi bahwa momentum ETF bitcoin ditambah dengan acara halving bitcoin yang sangat dinanti-nantikan dapat mendorong kripto untuk menguji level tertinggi intraday sepanjang masa di US$68.990,90 atau sekitar Rp1,08 miliar dalam beberapa minggu mendatang.

Harga Ethereum (ETH) juga mengalami kenaikan pada bulan Februari, sebagian karena momentum bitcoin dan sebagian lagi karena antisipasi peningkatan teknologi jaringan Dencun, yang dijadwalkan pada 13 Maret. Selain itu, investor Ethereum berharap Komisi Sekuritas dan Bursa AS dapat segera menyetujui hal tersebut. tempat pertama ETF Ethereum.

Menjelang bulan Maret, perhatian pasar kripto dapat beralih dari bitcoin ke Ethereum karena jaringan kripto paling berharga kedua di dunia menerapkan peningkatan Dencun, yang juga dikenal sebagai Duncan atau EIP-4844.

Namun Ethereum menghadapi persaingan yang ketat dari Solana (SOL), Avalanche (AVAX) dan lainnya. Kritik terhadap jaringan blockchain ethereum menunjukkan kecepatan transaksi Ethereum yang relatif lambat, throughput yang rendah, dan biaya yang tinggi bagi pengguna. Misalnya, Grayscale melaporkan rata-rata biaya transaksi Ethereum baru-baru ini sebesar $2,30 "jauh lebih mahal" daripada Solana.

Ethereum telah menyelesaikan langkah besar pertamanya dalam rencana jangka panjangnya untuk mengurangi biaya dan meningkatkan skalabilitas ketika bertransisi dari model bukti kerja yang intensif energi ke model bukti kepemilikan pada tahun 2023. Peningkatan Dencun, dijadwalkan pada tahun 2023. 13 Maret akan semakin meningkatkan skalabilitas dengan membuat penyimpanan data jaringan lebih efisien.

Jesper Mathias Nielsen, chief operating officer di Northstake, mengatakan peningkatan Dencun dapat mengurangi biaya penyelesaian Ethereum dengan urutan besarnya atau lebih.

"Peningkatan Ethereum sebelumnya cenderung menyelesaikan masalah yang sempit-hal-hal seperti mengurangi volatilitas harga bahan bakar. Namun EIP-4844 dapat membawa Ethereum ke level berikutnya dengan meningkatkan penskalaan dan efisiensinya secara mendasar melalui biaya penyelesaian yang jauh lebih rendah," kata Nielsen.

Apakah ETF Spot Ethereum Akan Hadir?

Investor Ethereum bisa mendapatkan lebih banyak kabar baik dalam beberapa bulan mendatang jika SEC menyetujui ETF Ethereum spot kelas satu. Setidaknya 10 perusahaan telah mengajukan permohonan untuk meluncurkan ETF Ethereum spot, termasuk Fidelity Investments dan BlackRock (BLK). SEC menghadapi tenggat waktu bulan Mei untuk memutuskan gelombang pertama aplikasi spot Ethereum ETF.

Ethereum adalah satu-satunya mata uang kripto selain bitcoin yang kontrak berjangkanya diperdagangkan di Chicago Mercantile Exchange (CME), yang diatur oleh Commodity Futures Trading Commission.

Rikke Staer, CEO Coinify, mengatakan prediksi seputar peristiwa halving bitcoin kemungkinan akan mendominasi berita utama pasar kripto pada bulan Maret.

"Halving sebelumnya pada tahun 2012 dan 2016 diikuti oleh kenaikan harga bitcoin yang signifikan, menciptakan narasi bullish seputar halving pada tahun 2024," kata Staer.

Namun, dia mengatakan halving ini belum tentu merupakan kabar baik bagi semua orang.

"Meskipun hal ini positif bagi industri, para penambang mungkin menghadapi tantangan profitabilitas, yang berpotensi mengarah pada konsolidasi dalam industri pertambangan bitcoin," kata Staer.

No comments:

Post a Comment