Thursday, March 7, 2024

Tak Banyak Negara Sehebat Indonesia, Sri Mulyani Beri Bukti Ini!

 Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani memberi sambutan di acara BRI Microfinance Outlook 2024, Jakarta, 7/4.  (CNBC Indonesia/Tri Susilo) Foto: (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan Indonesia adalah negara langka di dunia saat ini. Saat ekonomi nasional berhasil tumbuh tinggi, namun defisit anggaran masih terjaga rendah.

"APBN bisa kembali pulih saat ekonominya tetap bertahan, artinya pemulihan APBN tidak korbankan kinerja perekonomian kita," ungkapnya dalam acara BRI Microfinance Outlook 2024 di Menara BRILiaN, Jakarta Selatan, Kamis (7/3/2024).

Pada akhir 2023, defisit anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) hanya sebesar 1,65 terhadap produk domestik bruto (PDB). Ini jauh lebih kecil dari yang diasumsikan sebelumnya.

Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani memberi sambutan di acara BRI Microfinance Outlook 2024, Jakarta, 7/4.Foto: Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani memberi sambutan di acara BRI Microfinance Outlook 2024, Jakarta, 7/4.

Sementara itu pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa dijaga pada level 5% dalam dua tahun terakhir selepas pandemi covid-19.

"APBN 2023 yang cukup sehat ini dan bahkan dalam waktu singkat menjadi salah satu kinerja perekonomian yang direcognise ke global dalam berbagai percakapan dengan kolega," ujar Sri Mulyani.

"Mereka lihat bahwa Indonesia ahead the curve dari sisi fiskal pendapatan negara belanja dan upaya reformasi yang dilakukan untuk sehatkan APBN," terangnya.

APBNKITA EDISI FEBRUARI 2024. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu)Foto: APBNKITA EDISI FEBRUARI 2024. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu)
APBNKITA EDISI FEBRUARI 2024. (Tangkapan Layar Youtube Kemenkeu)

Instrumen APBN sangat penting dalam mendorong perekonomian, terutama ketika situasi krisis. Ketika perekonomian kembali pulih, APBN juga harus kembali disehatkan. Hanya saja, kata Sri Mulyani banyak negara tidak mampu mencapai hal tersebut.

No comments:

Post a Comment